luti gendang batam
luti gendang batam

Berkunjung ke Batam,
Jangan lupa mencicipi kuliner
Cuma 60.000 per Kotak
Luti Gendang Oleh Oleh Khas Batam.

Luti Gendang Bisa untuk kudapan menemani minum kopi di kedai kopi. Order langsung dan dibawa pulang untuk oleh-oleh dari batam untuk keluarga tercinta Anda. Masyarakat batam mengonsumsi Luti Gendang Batam ini untuk sarapan pagi ataupun cemilan sore. Luti Gendang Batam ini dapat Anda beli melalui LutiGendang.id langsung dari Pusat Luti Gendang Batam makanan khas Melayu.  Selain itu, Luti Gendang isi Ikan Tuna  adalah Luti Gendang No 1 Se – Batam .

Asli Rempah Melayu

Menjaga original atas resep peninggalan masyarakat pesisir kepulauan Riau.

Luti Gendang Terbaik

Menggunakan ikan kualitas terbaik, dan menjaga kehigienisan serta mutu untuk hasil terbaik

Free Delivery se-Batam

Dengan minimal transaksi Rp.100.000, kamu menyediakan fasilitas free delivery se-Batam

Kuliner Pilihan: Ragam Menu Sarapan di Kepulauan Anambas – Tempo.co

Kuliner Pilihan: Ragam Menu Sarapan di Kepulauan Anambas – Tempo.co

atau cari berdasarkan hari
Menu Mi Tarempa di Rumah Makan Selekta di Dermaga Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. Tempo/Rita Nariswari
TEMPO.CO, Jakarta – Nama Kabupaten Kepulauan Anambas yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau tiba-tiba ramai dibicarakan. Hal itu terjadi karena salah satu pulau di kawasan ini, yakni Pulau Bawah, mendapat predikat Pulau Tropis Terindah se-Asia dari CNN.
Kabupaten ini memang merupakan kepulauan. Jumlah pulaunya sekitar 250 buah, dan wisata bahari menjadi unggulannya.
Tak heran, dengan kondisi geografis seperti itu, kuliner Anambas didominasi oleh bahan utama dari ikan. Bahkan menu sarapannya pun bertabur ikan. Untuk mencicipi aneka menu itu tak sulit, karena kedai kopi dan warung makan berjajar tak jauh dari Dermaga Tarempa.
Bahkan kedai biasanya buka mulai pukul 04.30.
1.Mi Tarempa
Tarempa tak lain adalah ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas, yang berada di Pulau Siantan. Kota kecamatan ini memang terkenal dengan olahan mi.
Karena rasa lezatnya, kedai mi Tarempa melanglang hingga ke kota-kota lain. Selain di Batam dan Tanjungpinang, di Jakarta pun Mi Tarempa juga unjuk gigi. Pemilik Rumah Makan Selekta di Dermaga Tarempa menyebutkan pemilik rumah makan Mi Tarempa di Batam dan Jakarta masih keluarganya.
Awi, 81 tahun, merupakan generasi keempat yang menjalankan usaha RM Selekta–kedai kopi dengan suguhan khas mi Tarempa. Dulu, mi kuning yang menjadi bahan utama malahan dibuatnya sendiri. Sejak 3 tahun lalu, ia memilih membeli mi kuning di pasar.
Mi dengan irisan ikan tongkol  dan sawi ini bisa diolah dalam keadaan basah maupun kering, tergantung selera. Harga tergantung campurannya. Bila dengan ikan tongkol harganya sekitar Rp 15 ribu saja. Dan kalau tambah telur, dibandrol Rp 17 ribu.
Sedangkan apabila memesan menu lengkap, yakni ditambahi ikan, telur, dan ayam, harganya menjadi Rp 20 ribu. Kehadiran ikan tongkol, membuat sajian mi terasa gurih.
Di kedai ini, selain mi tarempa juga dijual gado-gado.
2.Nasi Dagang
Ini sejenis nasi bungkus, sekilas mirip nasi lemak yang banyak di Batam atau wilayah Kepri lain. Isinya tak lain adalah “nasi kucing” plus tongkol kuah pedas. Menu ini adalah salah satu pilihan untuk sarapan anda.
Nasi dagang bisa ditemukan di berbagai warung maupun kedai kopi di Tarempa. Harga per porsinya di kisaran Rp 3.000.
3.Luti GendangKue Luti Gendang khas Kepulauan Anambas
Inilah sejenis roti goreng yang juga banyak diburu untuk sarapan. Bagi para wisatawan luti gendang pun kerap dibawa sebagai oleh-oleh dari Tarempa. Bagian dalam roti berbentuk lonjong ini terdapat abon ikan yang rasanya memang sedap.
Jika dijadikan sarapan, tentunya tak cukup satu buah. Biasanya baru terasa “nendang” setelah menghabiskan 3 biji. Sajian ini dengan mudah ditemukan di berbagai kedai kopi atau warung makan di pagi hari.
4.Kwetiau sagu
Saya temukan suguhan ini di Kedai Kopi Murai yang berada di Jalan Hang Tuah, Tarempa. Di kedai ini, tersedia aneka menu sarapan, dari asin hingga yang manis. Ingat, jangan datang terlalu siang, sebagian sajian biasanya sudah habis.
Bagi penggemar kwetiau, silakan mencicip kwetiau sagu kuah ikan. Warna menu ini abu-abu dengan guyuran kuah merah. Aroma ikannya lumayan kuat. Sarapan ini umumnya dipatok di bawah Rp 5.000.
5.Bingka Bakar
Bila senang sajian manis sebagai teman minum kopi, maka pilihannya bisa berupa kue bingka bakar. Ini kue khas yang ada di seputar Kepri.
Di Kedai Kopi Murai yang tak jauh dari dermaga Tarempa bisa ditemukan bingka pandan dan  cokelat. Rasa kue yang berbahan tepung terigu, telur, dan santan ini terasa gurih.
  
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Dengan UU IKN, pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Ada tiga kementrian dan lebih dari dua ribu PNS yang akan dipindahkan pada tahap awal.
Tempo Media Group © 2017

Jual Luti Gendang Batam  9 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Patut Dicicipi, Ada Kisah Unik di Baliknya - Merdeka.com

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

luti gendang batam

Luti Gendang Batam

Luti Gendang adalah kuliner Oleh oleh khas Batam yang terkenal lezat.

Luti Gendang Batam @2021 Support Dokter Website