luti gendang batam
luti gendang batam

Berkunjung ke Batam,
Jangan lupa mencicipi kuliner
Cuma 60.000 per Kotak
Luti Gendang Oleh Oleh Khas Batam.

Luti Gendang Bisa untuk kudapan menemani minum kopi di kedai kopi. Order langsung dan dibawa pulang untuk oleh-oleh dari batam untuk keluarga tercinta Anda. Masyarakat batam mengonsumsi Luti Gendang Batam ini untuk sarapan pagi ataupun cemilan sore. Luti Gendang Batam ini dapat Anda beli melalui LutiGendang.id langsung dari Pusat Luti Gendang Batam makanan khas Melayu.  Selain itu, Luti Gendang isi Ikan Tuna  adalah Luti Gendang No 1 Se – Batam .

Asli Rempah Melayu

Menjaga original atas resep peninggalan masyarakat pesisir kepulauan Riau.

Luti Gendang Terbaik

Menggunakan ikan kualitas terbaik, dan menjaga kehigienisan serta mutu untuk hasil terbaik

Free Delivery se-Batam

Dengan minimal transaksi Rp.100.000, kamu menyediakan fasilitas free delivery se-Batam

9 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Patut Dicicipi, Ada Kisah Unik di Baliknya – Merdeka.com

9 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Patut Dicicipi, Ada Kisah Unik di Baliknya – Merdeka.com

Merdeka.com – Kepulauan Riau dengan keindahan dan keelokannya mampu menghipnotis para wisatawan mancanegara hingga lokal untuk menikmati alamnya.
Sekitar 96% berupa lautan dan 4% daratan menjadikannya istimewa, karena anda bisa menikmati wisata mengendarai kapal ferry, sebagai transportasi utama antar kota.
Ingatlah untuk mencicipi makanan khas Kepulauan Riau ketika berkunjung ke tempat ini. Mungkin bagi anda yang akan pindah tugas ke Kota Batam atau Kabupaten Natuna, dan atau kota lain, patut mengenal makanannya supaya lebih familiar.
Kepulauan Riau atau Kepri terkenal sebagai provinsi yang memiliki kekayaan hasil laut dan tempat belanja yang murah, serta lokasi yang strategis untuk menjelajah ke negeri tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Vietnam.
Berikut makanan khas Kepulauan Riau yang patut dicicipi, dari berbagai sumber
Aneh juga nama makanan khas Kepulauan Riau yang satu ini, berasa jijik tapi penasaran. Ketika dicicipi pun ternyata di luar dugaan, mie lendir yang menggoyang lidah memunculkan rasa asin, gurih kacang, manis dan lezat.

Perpaduan kacang tanah dan ubi menjadikannya kuah kental, disajikan bersama tauge, telur rebus, dan mie kuning khas Kepulauan Riau. Pokoknya anda patut mencoba, karena mie di sini berbeda teksturnya dengan mie instan kuning pada umumnya.
Advertisement
Cencaluk memberikan sensasi segar yang ditimbulkan dari perasan jeruk limau masakannya. Makanan ini berbahan dasar utama udang kecil yang telah difermentasi dan dimasak menggunakan bahan rempah khas Kepulauan Riau. Cencaluk biasanya menjadi suguhan dalam acara tertentu sebagai lauk tradisional.

Berbahan dasar mie sagu berwarna putih dan bisa dinikmati dengan tambahan kuah santan berwarna coklat. Lakse merupakan kolaborasi antara kebudayaan Melayu dan Tioghoa yang bertekstur kenyal, putih sedikit bening, dan lebih tebal dari pada mie.
Advertisement
Roti tradisional khas Kepulauan Riau yang bentuknya setengah lingkaran seperti gorengan pastel. Ada pula yang membuatnya bulat lonjong. Roti Belauk ini memiliki isi sambal lumat, yaitu abon ikan dengan rasa manis, asin, dan pedas yang pastinya membuat lidah ketagihan.

Jual Luti Gendang Batam  Rekomendasi 5 Toko Oleh-Oleh Terlengkap di Batam, Bisa Borong Aneka Kue dan Kaos - Tribun Batam

Sensasi gurih dan kremesnya kulit roti berpadu dengan isinya yang menggoda, cocok untuk menemani pagi anda bersama secangkir kopi atau teh.
Mendengar kata gong-gong belum tentu semua orang akan beranggapan ini nama makanan. Kepulauan Riau atau Kepri yang sebagian besar perairan, sangat mudah untuk mendapatkan bahan makanan khas ini, yaitu siput laut yang direbus.

Cara mengkonsumsinya mudah saja. Cukup keluarkan daging siput dari dalam cangkang menggunakan tusuk kayu, dan lebih nikmat lagi dicocol sambal khas Kepulauan Riau.

Menikmati siput laut yang baru saja panen dan masih segar, pasti membuat ketagihan dengan sensasi gurih berprotein tinggi, tekstur kenyal, dan asin pedas tersebut.
Advertisement
Es laksamana mengamuk menjadi makanan khas Kepulauan Riau yang menjadi suguhan pada acara-acara besar, seperti lebaran dan pernikahan. Minuman menyegarkan ini berbahan dasar utama buah kuini, yang teksturnya mirip manga dengan banyak serat di dagingnya, kemudian campurkan dengan santan dan gula merah.

Jika anda susah menemukannya atau tidak ada waktu untuk berkunjung ke Kepulauan Riau, cobalah bereksperimen di rumah. Cukup menyediakan buah kuini yang dipotong kecil-kecil. Kemudian tuangkan santan dan gula merah cair ke dalam gelas, masukkan kuini. Tambahkan es batu supaya lebih menyegarkan hari anda, es laksamana mengamuk siap disajikan.

Makanan yang ditemukan dari ketidaksengajaan. Konon ada seorang Laksamana yang mengamuk ketika istrinya diculik oleh pemiliki kebun kuini. Laksamana pun melampiaskan kemarahannya dengan menebaskan pedang ke seluruh penjuru kebun.

Begitu banyak buah kuini yang terpotong-potong, warga bingung harus diapakan supaya tidak sia-sia. Hingga salah seorang wanita mencampurkan potongan buah kuini dengan air santan dan gula merah, jadilah minuman segar yang dinikmati warga sekampung kala itu.
Lendot merupakan makanan khas Pulau Karimun, Kepulauan Riau yang memiliki kuah bening kental, karena dibuat dari sagu yang dihaluskan.

Bahan dasar utamanya sayur bayam dan kangkung, serta campuran bumbu khas Kepri pasti memberikan sensasi yang belum pernah anda rasakan sebelumnya.

Jual Luti Gendang Batam  Tempat Jual Luti Gendang Tarempa Muara Enim

Melihat bentuknya mungkin anda akan heran karena kental seperti lendir, namun ketika mencicipi menyentuh lidah pasti jadi ingin mencoba lagi dan lagi. Rasa asin dan pedasnya akan lebih nendang jika ditambah bilis dan udang.
Advertisement
Gubal merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang dipercaya menjadi obat kencing manis (penyakit gula). Makanan ini berbahan dasar utama sagu yang dicampurkan dengan parutan kelapa muda, yang dimasak menggunakan kuali.

Gubal menjadi makanan sehari-hari di daerah-daerah penghasil sagu, seperti Nerekeh, Panggak Laut, Teluk, Kudung, dan lainnya. Semakin nikmat lagi apabila anda padu padankan dengan gulai ikan pari atau ikan hiu, dan kuah asam pedas.
Makanan khas Kepulauan Riau yang bisa dinikmati sehari-hari, dengan bahan dasar utama tepung ketan atau pulut putih dan tepung kacang hijau. Adonan isinya yaitu campuran kelapa parut, gula pasir, gula merah, dan garam.

Setelah adonan yang diisi tadi direbus hingga matang, lalu tiriskan, kemudian sajikan dengan taburan kacang hijau yang sudah ditumpuk halus. Kue tradisional yang satu ini disebut Gomak karena taburan tepung kacang hijau di luarnya seperti menggunakan bedak.

Itulah beberapa makanan khas Kepulauan Riau yang patut dicicipi ketika berkunjung atau ingin mencobanya di rumah. Setelah akhir-akhir ini kabar hangat dari Natuna, Kepulauan Riau mengenai kapal China yang masuk Kawasan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif). Kepri semakin menjadi sorotan.

Advertisement
Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami
INFOGRAFIS: Azan Tidak Dilarang, Pengeras Suara yang Diatur
Transjakarta Rute Jakarta International Stadium-Senen Mulai Efektif Hari Ini
Rusia Tak Hanya Perang dengan Pasukan Bersenjata, Tapi dengan Seluruh Rakyat Ukraina
Tak Ada Daerah Level 1, Berikut Daftar Lengkap PPKM di Wilayah Jawa-Bali
Advertisement
Advertisement
Rusia Tak Hanya Perang dengan Pasukan Bersenjata, Tapi dengan Seluruh Rakyat Ukraina
Lima Alasan Joe Biden Tak Kirim Militer AS ke Ukraina untuk Lawan Rusia
Obsesi Lama Vladimir Putin Atas Ukraina Demi Keagungan Rusia

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

luti gendang batam

Luti Gendang Batam

Luti Gendang adalah kuliner Oleh oleh khas Batam yang terkenal lezat.

Luti Gendang Batam @2021 Support Dokter Website